Bagi anak-anak remaja, yang baru menyelesaikan SMA dan akan menuju ke jenjang perkuliahan. Pasti banyak dari kalian yang tidak sabar untuk segera masuk ke perkuliahan. Karena akan segera masuk pada tahap yang baru. Yang dimana anda akan segera masuk pada tahap yang anda akan diberikan kebebasan dan di anggap sudah bisa bertanggung jawab atas tindakan dan dirinya. Yang akan semakin berpikir sebelum bertindak. Sehingga pada usia tersebut anda akan semakin dipercayakan untuk membuat dan mengambil keputusan dengan bijak. .

Selamat Memasuki Dunia Perkuliahan

Teman-teman yang mulai masuk pada masa perkuliahan, sebagian dari kalian pasti akan sangat semangat memasuki tahap ini. Apalagi yang akan merantau. Sudah tidak ada yang bisa mengawasi anda 24 jam, seperti anda bila berada di rumah. Anda pun akan bebas pergi dan pulang kos jam berapa. Orang tua tidak akan mengomeli anda lagi soal pergi dan keterlambatan pulang rumah. Orang tua tinggal bisa mengingatkan pesan pengingat, nasehat lewat chat atau telepon.

Jadi sisanya orang tua tinggal memberikan rasa percaya. Ya jadi semua balik pada kita ingin menggunakan atau melalaikan rasa percaya yang sudah diberikan orang tua kepada kita. Dan harus kalian ingat, masa kuliah itu sangat berbeda dengan masa sekolah. Disini anda diberikan tanggung jawab penuh untuk mengurus segala keperluan urusan perkuliahan. Apalagi pas baru masuk kuliah banyak yang harus kalian sediakan dan urus. Dan ad abanyak hal yang harus kalian beradaptasi.

Seperti tempat kuliah, orang-orangnya, ruangan-ruangan yang digunakan perkuliahan. Menghafal ruangan kelas, tempatnya, dosen, ruang dosen, tata usaha. Dan aturan-aturan dalam kampus. Karena kadang ada peraturan-peraturan khusus. Misalnya untuk mahasiswa yang memiliki kepentingan di ruang tata usaha. Untuk masuk kedalam hanya waktu-waktu tertentu, dan ada syarat, seperti untuk pakaiannya seperti apa, wajib memakai sepatu, atau lainnya.

Dan jika dulu zaman SMA, misalnya kalian ada nilai yang tidak lulus, atau tidak ada kabar beberapa hari tidak masuk sekolah, guru masih turun tangan nyariin kalian dan menanyakan alasan, sebab, dll. Tapi di masa kuliah jangan berharap seperti itu. Karena disini dosen tidak akan berbaik hati seperti itu. Kalian lah yang harus aktif mengejar dosen dan nilai. Jika kalian bodoh amat, dosen pun akan bodoh amat pada kalian.