Semarang, Jawa Tengah, selain memiliki warisan sejarah yang sangat banyak ternyata juga memiliki warisan kuliner dengan cita rasa luar biasa. Bahkan, saat hari sudah menjelang tengah malam, tempat-tempat makan ini tidak kunjung sepi dari para pecinta kuliner.

Salah satu lokasi yang ramai dari para pecinta makanan adalah di Kawasan Simpang Lima yang di mana tempat ini menyediakan berbagai jenis makanan hingga hiburan yang seru. Ketimbang tidur dan malas-malasan di dalam kamar hotel, sebaiknya kamu coba berjalan dan mengitari lokasi ini saat malam hari untuk hunting berbagai jenis kuliner yang lezat di Semarang.

Berikut ini ada beberapa daftar tempat makan paling populer di Semarang yang wajib kamu kunjungi.

1. Nasi Ayam Bu Widodo

Berdiri sejak tahun 1994, rumah makan Nasi Ayam Bu Widodo ini tidak pernah sepi dari pengunjung loh. Nasi ayam yang di jual memang terlihat seperti nasi ayam pada umumnya, namun Nasi Ayam Bu Widodo ini memiliki cita rasa yang enak dan menjadi resep rahasia keluarga yang tidak bisa di samakan dengan yang lainnya. Selain enak, harga dari nasi ayam ini juga sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp5.000- Rp35.000 saja.

Di tambah lagi kamu bisa menambahkan berbagai sayur tambahan seperti sate usus, telur ayam bumbu, rempela ati, dan berbagai jenis gorenggan yang semakin menambah kenikmatan makanan ini.

2. Gudeg Mba Tum

Kuliner malam terkenal kedua ada Gudeg Mba Tum. Antrean di tempat makan ini seperti ular panjangnya, jadi saat kamu ingin makan di tempat ini harus lebih bersabar ya. Menu paling laris di Gudeg Mba TumĀ  adalah nasi gudeg koyor nya.

Cita rasa gudeg yang gurih dengan urat sapi yang empuk dan lembut semakin menambah kenikmatan santapan malam satu ini. Menu-menu yang ada di sini juga enak-enak, mulai dari ayam goreng pete sampai lontong opor dengan kuah kental gurih pedas.

3. Es Puter Cong Lik

Di Semarang, bukan hanya makanan berat saja yang bisa kamu santap di sana. Es Puter Cong LikĀ  adalah salah satu makanan penutup yang populer di Semarang dan sampai saat ini sudah memiliki 3 cabang, semua cabangnya berada di Semarang. Dalam sehari Es Puter Cong Lik ini berhasil menjual lebih dari 10 tabung es.

Rasa yang di tawarkan juga sangat beragam, ada rasa buah alpukat, durian, hingga coklat. Kedai es ini juga sudah berdiri sejak tahun 1984, dan sampai sekarang masih saja ramai pengunjung.