Timun laut atau biasanya disebut dengan teripang ini merupakan salah satu hewan laut yang kaya akan gizi, di negara China hewan laut ini sering dijadikan sebagai obat serta juga dijadikan sebagai makanan yang di percaya memiliki banyak khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Meskipun bentuk dari teripang ini tidak begitu menarik, namun teripang ini sudah sangat sering di jadikan sebagai makanan eksotis. Hewan laut ini bisa juga di makan pada saat keadaan masih segar atau juga bisa di keringkan lalu digunakan sebagai bahan makanan tradisional oleh negara Asia.

Timun laut atau teripang ini mengandung banyak protein, mineral dan protein namun juga mengandung beberapa zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidanflavonoid dan Fenol yang ada pada timun laut ini sudah terbukti bisa mengurangi peradangan di tubuh. Manfaat timun laut ini juga kaya akan nutrisi yang bisa mengurangi resiko berbagai penyakit kronis salah satunya penyakit jantung. Selain itu hewan laut ini juga memiliki sifat antijamur dan antitumor serta juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut manfaat dari timun laut untuk kesehatan seperti :
1. Menjaga kesehatan pada jantung
Menurut penelitian sudah membuktikan dari hasil yang sudah terbukti mengenai manfaat timun laut yang berfungsi untuk memperbaiki kondisi pada gangguan metabolisme.

2. Mengobati berbagai penyakit kanker
Senyawa yang ada pada timun laut ini berpontensi memiliki efek antikanker. Sudah di uji pada sel-sel kanker pankreas pada manusia yang bisa memperlihatkan bahwa exstrak pada timun laut ini dapat memicu kematian sel kanker atau juga dapat memicu apoptosis.

3. Bisa mencegah infeksi pada gusi dan mulut
Manfaat dari timun laut juga dapat mencegah terjadinya infeksi di mulut akibat dari jamur candida albicans, Infeksi jamur di mulut ini biasanya bisa menyerang orang yang memiliki imunitas tubuh yang rendah, pengidap penyakit HIV atau lansia.

4. Mencegah Antimikroba
Menurut uji laboratorium juga sudah memperlihatkan bahwa ekstrak timun laut juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri seprti S.aureus, E.coli dan S. typhi.

Sebelum anda ingin mencoba timun laut untuk mendapatkan khasiatnya anda juga harus pastikan dulu apakah anda memiliki alergi terhadap makanan laut atau tidak. Untuk mengetahuinya anda bisa mencobanya terlebih dahulu apakah cocok atau tidak, jika sudah tidak cocok segera cek atau berkonsultasi dengan dokter dulu.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *