Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa kulit melinjo ini memiliki banyak manfaat yang tidak terduga, mama tidak sedikit orang yang pastinya membuang kulit melinjo dan hanya mengkonsumsi bijinya saja. Faktanya kulit melinjo ini sangat bermanfaat bagi kesehatan yang tidak di remehkan namun masih begitu banyak orang yang telah melewatkannya begitu saja.

Melinjo merupakan tanaman yang berasal dari Asia Barat dan Asia Pasifik, namun kini malah melinjo sudah banyak di budidayakan oleh orang Indonesia terutama di pulau Sumatera dan Jawa. Pada tanaman melinjo ini bisa di katakan cukup produktif sangat meningkat karena bisa menghasilkan biji melinjo 80-100kg jika setiap panen.

Di Indonesia olahan melinjo yang paling di kenal itu menjadi olahan emping yang pembuatannya berasal dari biji melinjo yang sudah di keringkan, di tumbuk kemudian di goreng. Sementara untuk kulit melinjo biasanya bisa di jadikan sebagai tumisan atau bisa juga di campurkan dengan makanan yang berkuah dan ada juga yang tidak tahu cara pengolahan kulit melinjo sehingga di buang begitu saja.

Inilah salah satu manfaat pada kulit melinjo yaitu bisa menurunkan asa urat, apakah anda percaya bahwa kulit melinjo ini bisa menurunkan asam urat? Mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya bukan? dan pastinya juga menganggap ini adalah hoax, namun nyatanya pada kulit melinjo memang mengandung senyawa bioaktif yang berguna untuk menstabilkan kadar gula asam urat di dalam tubuh.

Senyawa bioaktif yang di maksud ialah merupakan zat antioksidan yang bisa bertindak, obat ini juga bekerja untuk menghambat enzim xatin oksidase yang bisa menyebabkan penumpukan urat dan kemudian mengakibatkan radang sendi kronis.

Maka dari itu untuk mendapatkan khasiat dari kulit melinjo tersebut anda bisa coba untuk memulai konsumsinya. Kulit melinjo yang paling sering di konsumsi itu dijadikan sebagai tumisan yang di tambahan garam atau bumbu yang bisa memberikan perasa. Namun kulit melinjo yang bagus untuk di konsumsi adalah dengan memilih kulit melinjo yang muda dan di makan begitu saja dalam keadaan mentah atau juga bisa di rebus sebentar saja.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *