Demam berdarah adalah penyakit yang di akibatkan oleh virus dengue yang menginfeksi dengan gigitan nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti yang hidup di daerah tropis. Di Indonesia Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang dengan jumlah penderita yang meningkat untuk setiap tahunnya dan lebih banyak menyerang orang yang mempunyai imun rendah. Berikut ini adalah gejala demam yang harus anda ketahui.

1. Suhu Tubuh yang Tinggi
Adanya virus pada darah yang mengakibatkan demam tinggi biasanya terjadi selama 3 sampai 5 hari. Untuk penderita pada fase ini juga mengalami penurunan trombosit dengan secara drastic karena terdapat kelainan pada pembuluh darah. Demam ini dapat mencapai 40 derajat celcius.

2. Sakit Kepala Berlebihan
Setelah mengalami demam, maka akan menimbulkan sakit kepala berat yang biasanya terjadi pada sekitar dahi sampai belakang kepala.

3. Mual dan Muntah
Gangguan pencernaan juga salah satu gejala demam berdarah yang di tandai dengan mual dan muntah juga aka nada nyeri pada sendi atau otot yang di sertai tubuh menjadi menggigil dan berkeringat yang berlebihan.

4. Menurunnya Nafsu Makan
Jika usdha mengalami muntah dan mual pastinya akan berdampak pada menurunnya nafsu makan untuk penderita demam berdarah . kurangnya asupan makanan dapat membuat penderita merasa cepat kelelahan dan menurunnya system kekebalan tubuh.

5. Nyeri Pada Mata
Di akibatkan virus, maka terjadi pembengkakan pada pembuluh darah salah satunya pada area mata yang mengakibatkan mata menjadi sakit khusunya pada bagian belakang mata.

6. Terjadi Pembengkakan Pada Kelenjar Getah Bening
Tubuh mempunyai kelenjar getah bening yang bermanfaat untuk memerangi infeksi termasuk infeksi virus demam berdarah yang mengakibatkan pembesaran sampai terjadinya pembengkakkan pada kelenjar.

Gejala tersebut dapat berakibat fatal untuk penderita yang bisa mengakibatkan kematian. Maka dari itu sangat penting untuk mengenali gejala demam berdarah sejak dini agar para penderita bisa di tangani dengan cepat dan benar. Untuk mencegah demam berdarah, lebih baik menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *